Wednesday, October 22, 2008

Hari Columbus

Ayo tebak, warna balon-balon ini melambangkan warna bendera negara apa?



Apa hubungan Italia dengan Amerika?
(...dan perempuan Indonesia yang ada di depan 2 bendera itu?)

Stand makanan yang digelar warga Albany keturunan Italia


Panggung di Plaza Washington Park

Asyiknya nonton jazz dari podium yang penuh daun-daun musim gugur... :)


Sore yang cerah! ^_^
Hai, sudah lama ya, aku ngga bercerita di halaman berbahasa Indonesianya A Buat Asri. :)
Banyak sekali PR dan tugas kuliah!

Meski agak telat, aku pengen cerita tentang Columbus Day yang diperingati sepuluh hari yang lalu.
Tahu kan, siapa Columbus?
Kalau dalam versi orang Eropa, Columbus ini pahlawan, karena dia menemukan benua Amerika, yang beberapa abad kemudian menjadi tanah harapan buat para imigran Eropa yang membangun mimpinya, dan menjadikan Amerika raksasa dunia sampai hari ini. Sementara dalam versi orang Indian, Columbus mungkin adalah orang yang paling dikutuk karena penemuan benua Amerika adalah cikal bakal segala kesusahan, dikriminasi dan penderitaan berabad-abad suku asli Amerika. Yah, seperti biasa, seorang pahlawan bisa jadi seorang penjahat buat pihak yang berlawanan kepentingan...

Anyway, di Amerika Serikat Columbus Day diperingati setiap tanggal 12 Oktober, menandai mendaratnya kapal dagang Castilian dari Spanyol untuk pertama kalinya di benua Amerika pada tahun 1492. Christopher Columbus sendiri sebenarnya adalah orang Italia yang bekerja untuk armada Spanyol itu, makanya saat Columbus Day kita bisa melihat warna-warni bendera Italia dalam karnaval.

Tanggal 12 Oktober lalu cuaca di Albany cerah sekali. Aku jadi ngga betah tinggal di apartment kecilku. Rencananya sih aku mau berburu foto-foto musim gugur di Washington Park dan Central Avenue. Hari itu cuaca sangat hangat, setelah seminggu sebelumnya aku kedinginan tiap hari. Nyaman banget rasanya, bisa jalan-jalan pakai kaus tanpa lengan. (*kalau di Semarang pakai baju begini aku sudah habis disuit-suitin orang iseng!*) Ngga lama sebelum aku berangkat Vini, teman sesama mahasiswa internasional di SUNY Albany menelpon dan bilang kalau ada pawai Columbus Day. Dan dia menawari, "kalau kamu mau, aku bisa jemput..." Kebetulan apartment Vini cuma 3 menit naik mobil dari apartmentku. Yaayyy... lumayan, ada tebengan! :)

Di Albany, kota kecilku, Columbus Day diperingati dengan pawai dari pusat kota dan berakhir di Washington Park, taman kota terbesar di sini. Bendera Italia ada di mana-mana, ditambah balon-balon berwarna hijau, putih dan merah. Di plaza, atau area terbuka Washington Park digelar panggung besar yang menyajikan musik-musik jazz klasik atau lagu berbahasa Italia yang cukup dikenal. Hari itu aku baru tahu, bahwa lagu Volare yang kukenal dari Gypsy King ternyata bukan berbahasa Spanyol... tapi berbahasa Italia! Hehe... :">

Anak-anak sampai para manula berdansa di plaza saat lagu-lagu dengan beat yang asyik dimainkan. Ada Mack the Knife, L-O-V-E, Route 66... Hmmm... lalalalala....

Di sekitar panggung itu ada stand makanan Italia yang digelar Italian Benevolent Society, atau komunitas keturunan Italia di Albany. Bau masakannya... mmmhhhh... enaakkk... ada pasta, pizza, bruchetta... sayang kebanyakan memakai bahan-bahan non-halal.

Aku ngga sempat melihat pawainya, tapi menurut orang-orang sih pawai di Albany ngga pernah cukup menarik buat dilihat.... :D Tapi lagu-lagu yang dimainkan di panggung itu lumayan seru buat dinikmati sembari duduk di arena berkursi kayu yang sesekali dijatuhi daun-daun musim gugur.

Ngomong-ngomong soal budaya, sepertinya ide-ide peringatan hari besar di Amerika (kecuali peringatan tragedi 9/11) selalu ditandai dengan festival-festival seru, wajah-wajah bahagia, dan musik yang bagus. Satu hal lagi, meski Amerika sudah menjadi satu bangsa, warga di sini biasanya sangat bangga dengan garis keturunannya. Mereka ngga ragu-ragu bilang, "I'm an Irish" (Aku orang Irlandia) atau "I'm an Italian" (Aku orang Italia).. padahal mereka sudah generasi ke sekian yang sudah tinggal di Amerika. Baru ketika mereka ke luar Amerika, mereka akan bilang "I'm an American!". Mungkin seperti orang Indonesia ya, yang selalu bilang, "Aku wong Jawa", "Ambo urang awak", dan seterusnya, tapi selalu bilang, "Aku orang Indonesia" saat di luar negeri.

Apapun ceritanya, dan dari manapun asalnya, Columbus adalah sosok penting dalam sejarah multi-budaya Amerika. Luar biasa rasanya, membayangkan bahwa 6 abad lalu, saat peta dunia masih jauh dari sempurna, sudah ada seorang penjelajah yang berlayar begitu jauh dan memulai sejarah sebuah bangsa yang besar!

No comments: